PENGERTIAN, MANFAAT DAN JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER



PENGERTIAN, MANFAAT DAN JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER
 
1.      Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer ialah suatu sistem yang terdiri atas dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya melalui media transmisi ataupun media komunikasi sehingga bisa saling berbagi data, aplikasi ataupun berbagi perangkat keras komputer.
Istilah jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer ataupun lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer ialah agar informasi atau data yang dibawa pengirim bisa sampai kepada penerima dengan tepat dan juga akurat.

Jaringan komputer juga memungkinkan penggunanya bisa melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu pula, peran jaringan komputer amat diperlukan guna mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga bisa diperolehlah suatu data yang sifatnya relevan.
2.      Manfaat Jaringan Komputer
Jaringan komputer memiliki beragam manfaat bagi kita, berikut ialah beberapa contoh manfaat jaringan komputer:
a.       Mempermudah komunikasi.
b.      Dapat berbagi perangkat keras komputer, seperti printer dll.
c.       Dapat berbagi software maupun sumber daya lainnya.
d.      Dapat saling mengirimkan pesan yang isinya dapat berupa teks, gambar, audio maupun video.
e.       Dapat berbagi akses internet.
f.       Proses pengiriman data lebih cepat dan juga efisien.
3.      Jenis-jenis Jaringan Komputer
A.       Berdasarkan Jangkauannya
1)      Local Area Network (LAN)
1. apa itu lan
Local Area Network atau yang disingkat LAN ialah jaringan yang hanya dapat mencakup wilayah kecil saja, seperti warnet, kantor, ataupun sekolah. Umumnya jaringan LAN luas jangkauan areanya tidak lebih dari 1 km persegi.
Umumnya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang memiliki kecepatan transfer data sekitar 10, 100, hingga 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet, sekarang sudah banyak pula yang telah menggunakan teknologi Wireless berbasis LAN.
2)      Metropolitan Area Network (MAN)
6. apa itu man
Metropolitan Area Network atau yang disingkat MAN ialah jaringan yang jangkauannya  mencakup suatu kota, dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dikatakan bahwa, jaringan MAN ialah gabungan dari beberapa jaringan LAN.
Jangakauan dari jaringan MAN dapat berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu ataupun dua kabel serta tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi menciptakan rancangan agar menjadi lebih simple.
3)      Wide Area Network (WAN)
7. apa itu wan
Wide Area Network atau yang disingkat WAN ialah jaringan yang jangkauannya dapat mencakup daerah geografis yang luas, seperti suatu negara bahkan hingga benua.
WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua ataupun lebih jaringan lokal sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbeda.  

           4)    PAN atau Personal Area Network
4. apa itu pan
           PAN adalah sebuah jaringan yang digunakan untuk personal dan memiliki rentan jarak sekitar 10 meter. Teknologi ini digunakan untuk membuat sebuah jaringan pribadi. Contoh yang konkret adalah Bluetooth yang biasa digunakan di smartphone, laptop, tablet, dan perangkat lainnya.

      5)    CAN atau Campus Area Network
 
5. apa itu can
 Sesuai dengan namanya, CAN adalah jaringan infrastruktur untuk meng-cover sekolah, universitas, atau korporasi lainnya yang bisa digeneralisasikan seperti kampus.
 
 
B.      Berdasarkan Media Transmisinya
1)      Jaringan Kabel (Wired Network)
Dalam jaringan jenis ini Media transmisi data yang digunakan berupa kabel. Kabel ini digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar dapat saling bertukar informasi dan data atau terhubung dengan internet. Salah satu media transmisi yang digunakan dalam wired network ialah kabel UTP.
2)      Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Dalam jaringan ini media transmisi data yang digunakan berupa gelombang elektromagnetik. Berbeda dengan jaringan kabel (wired network), jaringan ini tak menggunakan kabel untuk bertukar informasi atau data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik guna mengirimkan sinyal informasi atau data antarkomputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter ialah salah satu media transmisi yang dibutuhkan dalam wireless network.
c.       Berdasarkan Hubungan Tiap Komputer
1)      Jaringan Client-Server
Jaringan client-server ialah jaringan yang terdiri dari satu atau lebih komputer server serta komputer client. Biasanya terdiri dari satu komputer server dan juga beberapa komputer client. Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya bisa menggunakan sumber daya data yang telah disediakan komputer server tersebut.
2)      Jaringan Peer to Peer
Jaringan peer to peer ialah jaringan yang masing-masing komputernya, baik itu komputer server ataupun komputer client memiliki kedudukan yang sama. Jadi, komputer server bisa menjadi komputer client, dan juga sebaliknya komputer client juga bisa menjadi komputer server.
Demikian penjelasan mengenai PENGERTIAN, MANFAAT DAN JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER, semoga dapat bermanfaat.
 
Nama  :Dicky Candra
Kelas  :12 4A 01
Nim    :12160241

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Perangkat Jaringan (Repeater, Bridge, Network Interface Card)

Topologi Jaringan Komputer